Slider

4-latest-1110px-slider

MAKALAH TUGAS AKHIR PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO


PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO
UNTUK PEMAHAMAN SISWA
TENTANG KONSEP ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA


MAKALAH


Diajukan untuk Memenuhi Syarat Mendapatkan Gelar
Sarjana Pendidikan
--------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
     Pendidikan di Sekolah Dasar merupakan tempat awal menanamkan dasar-dasar pengetahuan pada siswa yang dikembangkan melalui bidang-bidang pengajaran, diantaranya melalui pengajaran IPA. Pengajaran IPA perlu di kuasai sejak dini sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual siswa, apalagi dalam rangka menyerap perkembangan pengetahuan dan teknologi kepiawaian berpikir logis yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA sangat diperlukan.
Sekolah Dasar sebagai salah satu institusi pendidikan yang secara langsung bertanggung jawab terhadap pendidikan yang berkualitas harus mampu membenahi segala aspek yang menjadi wewenang dalam pelaksanaan manajemen sekolah. Diantara upaya pembenahan adalah peningkatan proses pembelajaran agar menjadi lebih bermutu sehingga mampu menghasilkan output yang diharapkan.
Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam mendukung pembelajaran IPA sehingga penyampaian konsep lebih bermakna yaitu tersedianya sarana dan prasarana berupa ruang laboratorium dan alat peraga (alat praktek) yang sesuai. Tapi yang menjadi catatan bahwa laboratorium bukanlah sesuatu yang mutlak harus ada dalam melakukan aktivitas percobaan apalagi bagi sekolah yang masih baru dan belum mampu dari segi finansial. Justru alat praktek lah yang harus tersedia walaupun nantinya melakukan aktivitas percobaan di ruang kelas reguler (bukan laboratorium). Yang dimaksudkan alat praktek disini adalah benda atau alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penggunaan alat praktek membantu memudahkan memahami suatu konsep secara tidak langsung atau bahkan digunakan secara langsung untuk membentuk suatu konsep. Sedemikian pentingnya alat praktek dalam pembelajaran IPA sudah sepantasnya pihak sekolah berupaya semaksimal mungkin untuk pengadaannya.
Proses pembelajaran yang selama ini kita harapkan khususnya di tingkat Sekolah Dasar adalah terjadinya kegiatan belajar yang melibatkan seluruh aspek yang dimiliki siswa melalui keaktifan fisik dan mental. Dari perpaduan ini menghasilkan kematangan berpikir serta penyerapan materi yang lebih efektif bagi siswa.
Penyerapan materi yang lebih efektif disebabkan kegiatan ilmiah dengan menggunakan alat praktek merupakan wujud perpaduan konsep abstrak dengan dunia nyata sehingga nampak korelasi yang semakin jelas, hal ini akan memantapkan pengetahuan mereka dan menumbuhkan apresiasi positif terhadap sesuatu yang telah mereka dapatkan di kelas. Aktivitas praktikum dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA secara khusus dan secara umum terhadap mata pelajaran lain.
Untuk mengatasi masalah yang dikemukakan di atas maka perlu dipikirkan sebuah solusi yang dapat menjadi alternatif diantaranya adalah pengembangan alat praktek IPA. Kita cukup lega dengan fasilitas alat peraga modern yang telah banyak tersedia, terutama yang telah disediakan pemerintah, salah satunya adalah alat peraga torso.  Setidaknya ada dua aspek keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan alat praktek IPA torso yaitu dari sisi kinerja kualitatif cukup baik karena menggambarkan suatu bentuk benda menyerupai bentuk aslinya dan di lain sisi menimbulkan efesien, karena hampir setiap di sekolah telah tersedia alat peraga tersebut.
Adapun tugas guru dalam hal ini yaitu memahamkan konsep IPA dari cara kerja alat peraga torso yang tersedia dan senantiasa mendampingi siswa dalam setiap aktivitasnya dari perencanaan sampai pada tahap evaluasi keberhasilan produk.
Hasil dari penggunaan alat peraga torso ini diharapkan mampu mengurangi kesulitan belajar siswa, terutama siswa Sekolah Dasar . Selain itu, membantu guru dalam pembelajaran IPA sehingga penyampaian konsep menjadi lebih bermakna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajarinya dan akhirnya tercipta suatu proses pembelajaran berkualitas sesuai harapan kita bersama.
Dari uraian latar belakang, penulis tertarik menyusun makalah dengan judul : PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO UNTUK PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA.
B.  RUMUSAN MASALAH 
            Berdasar pada latar belakang di atas maka secara umum masalah bahasan dalam penulisan ini adalah :
1.     Bagaimanakah perencanaan pembelajaran alat pencernaan manusia melalui penggunaan torso di kelas V Sekolah Dasar ?
2.     Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran alat pencernaan manusia melalui penggunaan torso di kelas V Sekolah Dasar ?
3.     Bagaimanakah penilaian pembelajaran alat pencernaan manusia melalui penggunaan torso di kelas V Sekolah Dasar ?


C. TUJUAN PENULISAN
1. Tujuan umum
            Secara umum tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang  penggunaan alat peraga torso di SDN xxxxxxx Kecamatan xxxxxxx Kabupaten xxxxxxxx.
2. Tujuan Khusus
      Secara khusus tujuan dari penulisan ini adalah :
a.         Meningkatkan kemampuan penulis dalam memaparkan pengalaman sendiri ataupun dari sumber lainnya dalam bentuk makalah terutama pengalaman mengajar dengan menggunakan alat peraga torso.
b.         Untuk memberikan gambaran tentang proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga torso di tingkat Sekolah Dasar, khususnya pada konsep alat pencernaan pada manusia.
c.         Untuk memberikan gambaran tentang cara mengevaluasi hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga torso.
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------
* Untuk makalah/PTK lengkap, hubungi Nope : 081323790111 dan semua Bab akan dikirim via email.

0 Comments:

Post a Comment

KOMENTAR :