Slider

4-latest-1110px-slider

Makalah / PTK : PEMBELAJARAN OPERASI PERKALIAN BERSUSUN MELALUI METODE PENUGASAN DAN DRILL


 PEMBELAJARAN OPERASI PERKALIAN BERSUSUN MELALUI METODE PENUGASAN DAN DRILL
--------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
            Matematika merupakan salah satu bidang studi yang memiliki bobot 6 jam pelajaran diajarkan di sekolah baik dari tingkat dasar, tingkat lanjutan bahkan sampai perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan matematika merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam segala aspek kehidupan.            Dalam matematika banyak terdapat bahan kajian, salah satunya operasi hitung perkalian. Di sekolah dasar, operasi hitung perkalian merupakan salah satu dasar yang penting untuk menyelesaikan berbagai masalah atau soal.
            Operasi hitung perkalian sudah mulai diajarkan sejak kelas II dan banyak menjadi prasyarat mempelajari operasi hitung  selanjutnya. Setelah diterapkan pengertian perkalian anak ditugaskan untuk menghafalkan perkalian. Hal ini dimaksudkan agar anak di kelas selanjutnya sudah hafal serta memahami dan menguasai perkalian dengan baik. Namun pada kenyataannya di SD Negeri 2 Citamediacom masih saja ada anak yang belum hafal perkalian fakta dasar, sehingga ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi perkalian dengan teknik bersusun. Salah satu faktanya yaitu di SDN 2 Citamediacom ada beberapa siswa kelas III yang kemampuan dalam menyelesaikan soal operasi perkalian bersusun masih kurang menguasai.
            Oleh karena itu perlu ada bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian, penulis sebagai pemberi bimbingan menggunakan metode pemberian tugas dan  drill.
B.  Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka dirumuskan masalah bahasan sebagai berikut:
Bagaimana melalui metode pemberian tugas dan  drill  dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Citamediacom dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian bersusun?
C. Tujuan Penulisan
            Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah  memaparkan :
1.     Perencanaan pembelajaran matematika tentang perkalian bersusun dengan metode pemberian tugas dan  drill di kelas III Sekolah Dasar..
2.     Langkah - langkah pelaksanaan pembelajaran tentang perkalian bersusun dengan metode pemberian tugas dan  drill di kelas III Sekolah Dasar.
3.     Penilaian / evaluasi pembelajaran matematika tentang perkalian bersusun dengan metode pemberian tugas dan  drill di kelas III Sekolah Dasar.
D. Manfaat Penulisan
Penulisan makalah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
  a.   Bagi peserta didik
1)  Memudahkan peserta didik memahami mata pelajaran matematika dan menumbuhkan minat belajar siswa.
2)  Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar serta meningkatkan prestasi belajar siswa.
b.   Bagi Guru
1)  Untuk memotivasi guru agar lebih baik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
2)  Dapat menambah pengetahuan guru dalam mengatasi masalah belajar matematika khususnya mengenai operasi hitung perkalian.
c.   Bagi Penulis
     Sebagai pengalaman dan langkah awal, jika nanti penulis membuat sebuah penlitian atau membuat karya tulis.
d.   Bagi Universitas Citamedia.
           Sebagai referensi yang dapat digunakan untuk membantu   kelancaran bagi kegiatan perkuliahan.

* Untuk makalah/PTK lengkap, hubungi Nope : 081323790111 dan semua Bab akan dikirim via email.

0 Comments:

Post a Comment

KOMENTAR :